Ciri-Ciri Backlink Berkualitas

Backlink bermanfaat untuk menaikan posisi sebuah blog pada SERP. Jika Semakin banyak backlink yang berkualitas maka nilai PageRank blog akan meningkat. Semakin tinggi nilai PageRank yang didapat maka posisi sebuah blog pun pada SERP akan semakin baik. Semakin baik posisi sebuah blog pada SERP akan membuat potensi kunjungan pembaca pada blog menjadi semakin bertambah lebih banyak. Oleh karena itu, semakin banyak kunjungan pembaca pada blog akan menjadikan sebuah blog tersebut semakin populer dan terkenal dari waktu ke waktu.

Ciri backlink berkualitas
Jika kalian ingin mengetahui ciri-ciri backlink yang berkualitas, saya akan membahasnya dibawah ini : 

1. PageRank Tinggi
Jika ada suatu blog yang menerima backlink dari blog dengan PageRank yang tinggi maka bisa dipastikan backlink yang diterima tersebut merupakan sebuah backlink yang sangat berkualitas. Kebanyakan blog yang memiliki PageRank tinggi bersifat dofollow, karena mereka ingin sekali memanfaatkan PageRank yang dimiliki untuk menjaring banyak komentar dari pengunjung atau pembaca. Oleh karena itu, supaya mendapatkan backlink yang berkulitas, kalian harus berburu sebuah blog dengan PageRank yang tinggi dan sifatnya dofollow. Untuk itu, rajin-rajinlah berkomentar serta meninggalkan link blog yang kalian punya pada blog tersebut.

2. Berasal Dari Blog Dofollow
Blog dofollow merupakan sebuah blog yang memberikan backlink untuk setiap link yang tercantum pada sebuah halaman blog tersebut, seperti link yang ditaruh pada komentar, link pada blogroll, dan link pada sebuah widget yang digunakan.

3. Anchor Text Benar
Sebuah backlink yang akan diterima oleh suatu blog haruslah berasal dari susunan anchor text dan link/URL blog yang benar. Misalkan sebuah blog A akan memberikan backlink untuk blog yang alamatnya www.panduanblog.co. Oleh karena itu, backlink yang akan diberikan harus menggunakan anchor text sesuai dengan Link/URL blog tersebut yaitu Panduan Blog Untuk Pemula, bukan Cara menghack blog, Tutorial game dan lain sebagainya yang tidak sesuai.

4. Tema Relevan
Backlink berkualitas yang kan diterima oleh sebuah blog harus berasal sebuah blog lain dengan tema dan topik pembahasan yang sama. Dengan sebuah topik yang sama, membuat sebuah robot mesin pencari (Search Engine) akan semakin mudah dalam mengelompokan blog yang menerima backlink sebagai blog yang terpercaya sehingga bisa meningkatkan posisi blognya pada SERP.


5. Penempatan Backlink
Kualitas backlink yang diterima sebuah blog juga akan ditentukan dengan letak penempatan backlink pada sebuah blog pemberi backlink. Hal ini karena, penempatan sebuah backlink pada posisi yang benar akan sangat memudahkan robot mesin pencari untuk menelusuri dan mengindeks URL blog yang telah dicantumkan. bagusnya, backlink yang baik harus ditempatkan pada halaman depan blog dan berada pada wilayah/bagian sidebar.

Itulah Ciri-ciri sebuah backlink yang berkualitas. Sekian dulu postingan dari saya, semoga bermanfaat dan salam blogger sejati. :)


Postingan terkait:

15 Tanggapan untuk "Ciri-Ciri Backlink Berkualitas"

  1. makasi infonya bang, informasinya bermanfaat saya kasi cendol, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih atas kunjungan baliknya mas,
      saya terima cendolnya, :D

      Hapus
  2. Makasih banyak infonya gan, sangat membantu saya seorang newbe

    BalasHapus
  3. bermanfaat banget, sangat membantu mas (y)

    BalasHapus
  4. nice gan, saya sendiri jarang menghiraukan backlink, saya hanya mengandalkan yang natural saja

    BalasHapus
  5. Mantap nih infonya, tapi sulit juga cari blog yang Dofollow dan bisa dikomentari link

    BalasHapus
  6. sangat fress sekali artiekalnya, memang backlink sangat besar pengaruhnya cuman tentunya backlink yang berkualitas

    BalasHapus
  7. Bermanfaat banget gan.

    Kalau saya sih pengennya pasang backlink di blog yang pagerank tinggi😅,tapi susah cari blog yang bersedia menerima backlink

    BalasHapus