Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Pembaca

Di dalam cara menulis artikel yang baik untuk pembaca ini sebenarnya ada dua tahapa, yang pertama tahap pra penulisan dan ke dua tahap penulisan. untuk artikel ini saya akan membahas tahapan yang pertama dulu supaya bisa di pahami sedikit-sedikit oleh para pembaca sebelum melangkah ke tahap selanjutnya. 

Ada pepatah mengatakan semakin banyak orang yang menulis sesuatu yang bermanfaat dan berkualitas maka ilmu yang ada akan semakin banyak dan mudah untuk di peroleh. Maka tahapan cara menulis artikel yang baik itu sangat di butuhkan sekali, jangan berpikir untuk mencari visitor tanpa ada ilmu yang mereka dapatkan dari tulisan kita.

Dari pada ngalor-ngidul tidak jelas, simak tulisan dibawah ini dengan baik supaya bisa menghasilkan tulisan yang baik dan berkualitas. 

Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Pembaca

Tahapan Pra Penulisan

Dalam tahapan ini ada sejumlah perihal yang mesti menjadi perhatian. Bukan perihal yang gampang menulis artikel tanpa persiapan matang. Oleh sebab tersebut banyak penulis yang gagal menghasilkan artikel yang terstruktur secara rapi. Akibatnya artikel yang mereka muat menjadi angin lalu saja tanpa meninggalkan jawaban kepada pembaca-pembaca.

Karena itu tahapan pra penulisan harus dipersiapkan terlebih dahulu, oleh karena itu pada tahapan ini meliputi 3 perihal krusial yang mesti dibiasakan yakni :

1. Menentukan topik utama (ide pokok) 
Sebelum kamu mengetahui topik utama yang akan dibagikan kepada pembaca anda tak akan fokus menulis. Topik utama ini bakal membatasi ruang berpikir anda menjadi lebih khusus terhadap kendala utama. Selain itu topik ini akan memudahkan kamu untuk mencari referensi sebagai materi pertimbangan untuk menulis. 

Bukan hal yang tidak mudah untuk bisa menemukan topik utama untuk membuat artikel. Ada banyak sekali referensi yang mampu kamu manfaatkan. salah satunya “9 Sumber Inspirasi Menulis Artikel yang Menyegarkan Pikiran Anda”. Ingat kegagalan kamu menentukan spesifikasi topik bakal menghancurkan respon pembaca terhadap tulisan yang anda buat.

2. Menentukan keyword atau kata kunci
Memang kata kunci tidak akan secara langsung bisa mempengaruhi baik tidaknya suatu tulisan. Namun kita sangat perlu memperhatikan bahwa tulisan yang baik selalu mengacu kepada jumlah pembaca yang berminat. Artikel yang baik biasanya sangat identik dengan jumlah pembaca yang begitu ramai. Maka tidak heran kalau pemilihan kata kunci menjadi modal utama sesudah topik untuk menentukan seberapa gede peminat pasar.

Google search atau google trend atau google adwords keyword planner bisa digunakan notabene untuk mengetahui jumlah peminat terhadap suatu topik anda. Dengan tiga langkah-langkah itu anda sudah dapat memperhitungkan seberapa berharga topik utama yang anda pilih.

3. Menentukan siapa pembaca anda
Untuk menjadikan tulisan menarik seluruh orang, itu tidak mungkin terjadi. Kenyataannya artikel yang dibuat cuma cocok untuk sebagian kalangan saja. Artikel sungguh ditentukan oleh orang yang membutuhkan. Oleh karena itu, maka kalian kamu harus memutuskan siapa pambaca ideal bagi tulisan kamu.

Misalkan anda membuat tulisan tentang traveling maka kamu harus lebih mempersempit tujuan traveling itu. Apakah artikel traveling untuk lokal saja atau internasional, untuk kalangan menengah ke bawah, untuk remaja atau orang dewasa dan lain-lain. Dengan langkah-langkah ini anda akan fokus untuk memaparkan tulisan secara mendetail.

Sesudah kamu mematangkan tahapan pra penulisan maka langkah selanjutnya merupakan Tahapan Menulis. Agar dapat menulis sebuah artikel yang baik untuk pembaca dibutuhkan kerja keras dan ketekunan serta kesabaran untuk bisa mencapainya.

Sekian dulu artikel yang bisa tulis untuk saat ini semoga bermanfaat, untuk Tahap Penulisan akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Pembaca"

  1. Kalo saya lebih ke poin satu dan dua, soalnya target pembaca saya itu ga cuma indo, asalkan dia minat ya saya targetin ke dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yang penting kualitas dari artikelnya saja, meskipun 1,2,3 sudah di terapkan kalau tidak berkualitas pembaca juga tidak akan menyukainya.

      Hapus
  2. mantap tips menulisnya, klo pengen pengunjung bule pake bhs bule aja hehe

    BalasHapus
  3. Seringnya saya sebelum nulis yang terpikirkan materinya baru ide pokoknya, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang-kadang banyak seorang blogger seperti agan ini. :)

      Hapus
  4. Bermanfaat sekali artikelnya, nambah pengetahuan.Niche blog, saya suka.Di tunggu Postingan selanjutnya, sayang sekali kalau tidak baca blog ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya terima kasih gan, tunggu saja postingan selanjutnya gan :)

      Hapus
  5. kadang eyd mempengaruhi gk sih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya pribadi sih sedikit mempengaruhi gan. :)

      Hapus