Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Pembaca Part II


Pada tahapan ini ada sejumlah perihal krusial yang menjadi dasar terciptanya tulisan yang baik. Beberapa hal tersebut meliputi

1. Menentukan judul
Telah menjadi rahasia umum bahwa judul sungguh mempengaruhi jiwa orang yang membaca. Judul yang sangat biasa saja tidak akan mungkin mendapat respon yang baik. Kenapa demikian? Sederhana saja bahwa orang cenderung menyukai atau tertarik kepada hal yang tidak lazim.

Anda bisa cek judul artikel yang ada diinternet. Judul yang paling unik bakal mendorong orang untuk berkunjung membaca. salah satu judul yang efektif dikenal sebagai yang mengandung unsur menakut-nakuti atau memberi harapan kepada pembaca.

7 Kesalahan Blogger Pemula yang Membuat Anda Terlupakan 
11 Ucapan Ajaib Motivasi Berhasil yang Terbaik

Ucapan di atas secara lambat laut bakal menumbuhkan minat pengunjung untuk membaca isi artikel yang terkandung di dalamnya. Judul yang memancing emosi juga mampu anda gunakan pastinya wajib dalam koridor yang terkendali.

2. Menggunakan ejaan dan tata bahasa yang baku
Seorang penulis selalu memperhatikan ejaan kata dan tata bahasa yang mereka tulis. Pembaca dalam memahami maksud dari kalimat itu bakal dipudahkan oleh kedua perihal ini. Sebagian orang menggunakan ucapan yang aneh dan asing untuk menarik perhatian pembaca. Karena yang membaca baru mengenal istilah itu, namun malah kebingungan yang didapatkan

Selain tersebut perhatikan juga masalah tanda baca. Ketika anda memperlihatkan penekanan suatu kata anda harus pastikan bahwa apa yang anda pikirkan juga bakal dipikirkan oleh pembaca. 

3. Menggunakan alur yang runtut 
Sebelum menjabarkan pokok persoalan atau kenyataan yang melatar belakangi kendala, kalau anda menuliskan solusi mengatasi persoalan Artikel yang baik selalu mendahulukan latar belakang masalah, pokok kendala, dan solusi mengatasi masalah.

Di samping terstruktur alur yang runtut akan menjaga konsentrasi pembaca untuk menghayati seluruh isi artikel dengan lebih komplek. Untuk dapat menyusun alur secara runtut anda bisa belajar dari para penulis profesional seperti berita koran atau blogger sukses.

4. Gaya bahasa
Setiap orang mempunyai langkah-langkah tersendiri untuk mengemukakan suatu gagasan atau ide brillian. Di dalam dunia tulis menulis langkah-langkah itu bisa terlihat dari gaya bahasa yang digunakan. Beberapa gaya bahasa yang ada bisa dikombinasikan oleh sebagian orang bahkan sehingga menjadi sesuatu yang unik.

Gaya bahasa yang baru untuk menulis artikel yang baik ditemukan anda tidak perlu. Tapi anda bisa belajar dari beberapa para profesional dalam menulis artikel mengenai gaya bahasa yang mereka gunakan. Ini boleh-boleh saja dilakukan mengingat kepopuleran tulisan yang mereka hasilkan. Yang jelas ini bukan copy-paste artikel sehingga kamu tidak perlu khawatir dikemudian hari.

5. Jangan Bertele-tele
Sebagian orang mengejar target kata 400-1000 sehingga mereka menambah kata yang bertele-tele yang akhirnya. Tulisan yang tidak pendek memang mampu menambah jumlah halaman, tetapi jika dipaksakan dan tidak relevan cuma akan membuat jenuh pembaca. 

Pembaca bahagia dengan artikel yang langsung membahas pokok persoalan dan solusi yang ditawarkan. Selain tak membingungkan tulisan akan terlihat lebih efektif dan efisien. Adapun pendahuluan yang tidak pendek akan membuat pembaca jenuh bahkan sebelum ia membaca isi artikel yang kamu buat.

6. Paragraf pendek
Satu  perihal lagi yang membuat jenuh merupakan paragraf yang tidak pendek. Orang mencondong membaca secara pendek paragraf per paragraf, tapi langsung terlihat ide pokoknya. Memperhatikan selera pembaca bakal menjadikan artikel anda dibaca keseluruhan sampai tuntas.

Jumlah kalimat yang ideal untuk satu paragraf dikenal sebagai 2-5 kalimat saja. Anda bisa menempatkan satu ide pokok pada awal atau akhir paragraf. 

Setelah kamu membaca dengan seksama semestinya bukan hal yang sulit lagi bagi kamu untuk menulis artikel yang baik. Kunci sukses menulis dikenal sebagai membaca dan latihan. Semakin banyak referansi bahan yang anda temukan maka semakin bervariasi teknik menulis yang kamu ingin kembangkan. Dengan semua hal tersebut anda sudah pasti bisa menulis artikel yang berkualitas.

Sekian dulu artikel yang bisa saya tulis untuk melanjutkan artikel yang sebelumnya, semoga bermanfaat dan terus lah mampir ke blog sederhana ini. :)

Postingan terkait:

11 Tanggapan untuk "Cara Menulis Artikel yang Baik untuk Pembaca Part II"

  1. Sempet ga pke yg No 3 , jd harus di pke ya gan ? Thansk dah infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting point-point yang lainya di pake saja gan. :)

      Hapus
  2. Poin yang ke 5 bisa jadi hal yang sangat penting.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, yang terpenting point ke lima biar para pembaca tidak pusing membaca tulisan. :D

      Hapus
  3. bener tuh kadang kata yg belibet bikin susah dibaca

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan :D
      kadang banyak pembaca yang tiak suka kalauu kata-katanya belibet.:)

      Hapus
  4. Keren gan informasinya. Saya jadi termotivasi untuk membuat artikel yang baik & rapih😏

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan, semoga bermanfaat artikel yang saya share ini. :)

      Hapus
  5. makasih ya gan tipsnya saya akan mencoba bikin artikel yg baik..

    BalasHapus